Jumat, 13 November 2015

SEJARAH DUBSMASH




Siapa yang tidak mengenal Dubsmash? Bagi penggemar selfie, Anda pasti mengenal aplikasi video selfie yang begitu populer saat ini. Bahkan, tidak hanya orang biasa yang menggunakan aplikasi ini. Dubsmash juga diminati beberapa selebriti dunia, seperti Adam Levine, Josh Groban, Rihanna, hingga Hugh Jackman.

Sebenarnya apa itu Dubsmash? Apa yang membuat Dubsmash begitu populer?
Dubsmash merupakan aplikasi penggubah video yang tersedia dalam sistem operasi iOS dan Android. Aplikasi ini membuat video seperti video lip-sync dari berbagai rekaman suara.
Rekaman suara ini dapat berasal dari sebuah lagu, cuplikan film, komedi, atau yang lainnya. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk langsung mengunggah video tersebut ke sosial media atau menyimpannya di galeri.

Dubsmash pertama kali dirilis untuk perangkat Android pada tahun 2014 dan pada perangkat iOS pada awal tahun 2015. Aplikasi ini dikembangkan oleh Mobile Motion GmbH dari Berlin, Jerman. Hingga saat ini, sudah lebih dari 100 juta orang yang mengunduh aplikasi Dubsmash ini.

Untuk menggunakannya, pengguna harus memilih klip audio yang tersedia. Audio yang tersedia juga terdiri dari berbagai jenis suara. Setelah memilih suara yang diinginkan, selanjutnya adalah merekam video selfie yang sesuai dengan pilihan audio.

Bila hasilnya kurang memuaskan, penggunanya dapat mengulanginya hingga beberapa kali. Selain itu, ada juga fitur penambahan stiker untuk membuat video yang dihasilkan lebih menarik. Setelah itu, pengguna diarahkan untuk mengunggah hasil rekaman tersebut ke berbagai sosial media. Misalnya, facebook, Instagram, dan lain-lain atau hanya disimpan saja di galeri.

Kelebihan aplikasi ini adalah pilihan klip audio yang mencapai lebih dari 20 kategori dan ratusan file. Selain itu, untuk membuat video ini pengguna juga tidak memerlukan login terlebih dahulu. Namun, kekurangan aplikasi ini adalah kualitas video yang dihasilkan hanya bergantung pada kualitas kamera smartphone yang digunakan.

Aplikasi ini cukup populer karena sebagian masyarakat telah terbiasa mengekspresikan diri dengan berfoto selfie. Pengguna aplikasi ini sebagian besar membuat video untuk tujuan lucu-lucuan. Walaupun demikian, aplikasi ini juga mengundang kontroversi berbagai kalangan tentang pelanggaran hak cipta atas klip audio yang digunakan. 

Dubsmash mungkin hadir sebagai cara baru untuk mengekspresikan diri. Aplikasi ini juga mungkin dapat memberikan alternatif hiburan bagi masyarakat.




NAMA      :   IVAN HERNAWAN
KELAS     :   XII TEI
NO ABS   :   19

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More